09 June 2015

Tujuan dan Fungsi Perpustakaan


Tujuan dan Fungsi Perpustakaan
            Secara umum perpustakaan bertujuan sebagai penunjang pendidikan, karena itu perpustakaan harus berusaha untuk menyediakan berbagai informasi yang dapat dimanfaatkan oleh pemakai. Dalam hal ini Mibulga Larasati menyatakan bahwa "Tujuan perpustakaan adalah bersama-sama dan lembaga yang lain berusaha menciptakan masyarakat yang terdidik dan terpelajar, agar senantiasa tanggap terhadap perkembangan dunia dan ilmu pengetahuan sehingga menimbulkan rasa percaya diri, senantiasa terus menerus meningkatkan pendidikannya".[1]

Pengertian Perpustakaan dan Jenis-jenisnya


Pengertian Perpustakaan dan Jenis-jenisnya
Perpustakaan merupakan sumber bacaan yang perlu ditingkatkan pembinaannya. Posisi perpustakaan dalam sebuah lembaga pendidikan sangat strategis sebagai sumber belajar. Dilihat dari segi pengertiannya perpustakaan merupakan kitab atau buku".[1] Buku atau kitab adalah sumber belajar yang paling dominan digunakan dalam dunia pendidikan.

Prosedur Pengembangan Evaluasi

Prosedur Pengembangan Evaluasi
Sebelum evaluasi Al-Quran Hadits dilaksanakan harus disusun terlebih dahulu perencanaannya atau yang disebut prosedur penilaian. Prosedur penilaian Quran Hadist biasanya dituangkan ke dalam kisi-kisi pengukuran, seperti: “Menetapkan aspek yang diukur, jenis-jenis penilaian misalnya melakukan test prestasi belajar dilakukan melalui teknik test dan non test, menentukan teknik pengukuran seperti obyektif dan subyektif, juga dalam penilaian Al-Quran Hadits perlu diprogramkan bentuk-bentuk soal yang dievaluasi”[1]

Aspek-aspek yang Dinilai dalam Pendidikan Al-Quran Hadist

Aspek-aspek yang Dinilai dalam Pendidikan Al-Quran Hadist
Penilaian merupakan suatu proses di mana informasi dan pertimbangannya diolah untuk membuat suatu keputusan kebijaksanaan yang akan datang. Tindakan penilaian merupakan suatu proses untuk menentukan kualitas yang dicapai dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian berperan sebagai  alat untuk menentukan apa yang telah dikuasai.

Macam-macam Evaluasi Untuk Al-Quran Hadist

Macam-macam Evaluasi Untuk Al-Quran Hadist
            Dalam konteks evaluasi Quran Hadist hasil proses pembelajaran di sekolah, dikenal adanya dua macam evaluasi yaitu test dan non test. Dengan test, maka evaluasi hasil pembelajaran di sekolah itu dilakukan dengan jalan menguji peserta didik. Sebaliknya, dengan non test maka evaluasi dilakukan tanpa menguji peserta didik.