09 June 2015

Fungsi Disiplin Sekolah dalam Belajar Mengajar

Fungsi Disiplin Sekolah dalam Belajar Mengajar

Disiplin adalah suatu keadaan tertib di mana orang-orang yang tergabung dalam sistem tunduk dan patuh pada peraturan-peraturan yang ada dengan senang hati. Disiplin dalam lingkup sekolah adalah disiplin sebagai suatu keadaan tertib di mana guru, staff sekolah dan peserta didik yang tergabung dalam sekolah, tunduk kepada peraturan yang ditetapkan dengan senang hati.

Dasar dan Tujuan Disiplin Sekolah


Dasar dan Tujuan Disiplin Sekolah

Pada lembaga pendidikan seperti sekolah, dikenal adanya disiplin tertentu yang merupakan norma atau peraturan yang harus ditaati untuk dapat tercapainya tujuan tertentu. Seandainya pada suatu kelompok tidak mengenal ketentuan tersebut, maka disangsikan keberhasilan dalam mebentuk sikap dan tingkah laku anak didik, dan adakalanya dapat merendahkan derajat kepribadian guru.

Aspek-aspek Prestasi Belajar


Aspek-aspek Prestasi Belajar.
1. Aspek Kognitif
Aspek kognitif adalah aspek yang lebih banyak berkenaan dengan perilaku dalam aspek berpikir / intelektual. Contoh : Siswa dapat memecahkan persamaan kuadrat.
Aspek kognitif ini mempunyai 6 (enam) tingkatan kemampuan, yaitu :

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar


  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar.
Dapat diberikan suatu pengertian terhadap prestasi belajar sebagai suatu produk yang diperoleh melalui kegiatan belajar, maka sudah menjadi suatu hal yang tidak mengherankan bahwa berhasil tidaknya belajar itu sangat tergantung kepada factor-faktor yang turut mempengaruhinya. Agar belajar itu mencapai hasil yang lebih tinggi, maka factor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar hendaknya perlu diperhatikan dan dikondisikan sedemikian rupa, sehingga tidak akan ditemukan hambatan dan kendala-kendala, kalau itu bisa diatasi sehingga tidak akan menemukan kegagalan yang tentunya sangat tidak diharapkan.

Pengertian Belajar dan Macam-Macam Aktivitas Belajar


Pengertian Belajar dan Macam-Macam Aktivitas Belajar.
1. Pengertian Belajar.
Belajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup seseorang, dimana pengetahuan, ketrampilan, kebiasaan, kegemaran dan sikap seseorang terbentuk dan berkembang disebabkan oleh kegiatan belajar. Oleh karena itu seseorang dikatakan belajar apabila pada dirinya terjadi sesuatu proses kegiatan yang disertai dengan usaha orang itu sendiri, sehingga menyebabkan terjadinya perubahan tingkah laku. Semua aktifitas dan usaha untuk mencapai perubahan tingkah laku itu sendiri merupakan hasil belajar.