Pengertian Administrasi Sekolah
Administrasi sekolah
adalah suatu rangkaian kerja sama kelompok orang atau karyawan yang tergabung
dalam suatu organisasi sekolah dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang telah
ditentukan sebelumnya dengan efektif dan efesien. Administrasi sekolah
merupakan salah satu bidang dari administrasi pendidikan yang jauh lebih luas,
administrasi sekolah ini hanya mencakup kegiatan pengelolaan dan pengaturan secara bersama-sama. Dalam kaitan ini, M. Ngalim Purwanto mengatakan administrasi
sekolah adalah:
"Suatu proses kegiatan bersama dalam bidang pendidikan
yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan laporan,
pengkoordinasian, pengawasan dan pembiayaan dengan mengunakan atau memanfaatkan
fasilitas yang tersedia di sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan secara
efektif dan efesien."[1]
Dalam arti yang sebenarnya
administrasi sekolah dapat dirumuskan semua dalam kegiatan yang dijalankan
untuk mencapai tujuan sekolah. Tujuan sekolah secara sederhana dapat
dikemukakan "Agar murid (siswa) dapat belajar dengan baik.
Untuk itu diperlukan berbagai rencana pelaksanaan, harus ada pembagian tugas
dan penepatan guru, perlu jadwal kegiatan, dan harus ada pengawasan terhadap
semua kegiatan tersebut."[2]
Untuk tercapainya
tujuan sekolah bagaimana yang diharapkan, administrasi sekolah memegang peranan
penting dan menentukan. Dan administrasi sekolah tidak akan berjalan dengan
baik apabila administrasi sekolah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh
karena itu berjalan tidaknya administrasi di suatu sekolah ditentukan oleh ada
tidaknya orang yang melaksanakan kegiatan tersebut.
No comments:
Post a Comment