11 June 2015

Pengertian Administrasi Sekolah

Pengertian Administrasi Sekolah 

            Administrasi sekolah adalah suatu rangkaian kerja sama kelompok orang atau karyawan yang tergabung dalam suatu organisasi sekolah dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang telah ditentukan sebelumnya dengan efektif dan efesien. Administrasi sekolah merupakan salah satu bidang dari administrasi pendidikan yang jauh lebih luas, administrasi sekolah ini hanya mencakup kegiatan pengelolaan dan pengaturan secara bersama-sama. Dalam kaitan ini,  M. Ngalim Purwanto mengatakan administrasi sekolah adalah:
"Suatu proses kegiatan bersama dalam bidang pendidikan yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan laporan, pengkoordinasian, pengawasan dan pembiayaan dengan mengunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien."[1]
Dalam arti yang sebenarnya administrasi sekolah dapat dirumuskan semua dalam kegiatan yang dijalankan untuk mencapai tujuan sekolah. Tujuan sekolah secara sederhana dapat dikemukakan "Agar murid (siswa) dapat belajar dengan baik. Untuk itu diperlukan berbagai rencana pelaksanaan, harus ada pembagian tugas dan penepatan guru, perlu jadwal kegiatan, dan harus ada pengawasan terhadap semua kegiatan tersebut."[2]
            Untuk tercapainya tujuan sekolah bagaimana yang diharapkan, administrasi sekolah memegang peranan penting dan menentukan. Dan administrasi sekolah tidak akan berjalan dengan baik apabila administrasi sekolah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu berjalan tidaknya administrasi di suatu sekolah ditentukan oleh ada tidaknya orang yang melaksanakan kegiatan tersebut.


[1]M. Ngalim Purwanto, Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Mutiara 1995), hal. 3.
[2]Moh. Rifai, Administrasi Sekolah, (Jakarta; Proyek Pengadaan Buku Sekolah Pendidikan Guru, 1998), hal. 11.

No comments: