22 November 2015

Penerapan Pakem Dalam Pembalajaran



A.      Pengertian PAKEM
Dalam proses pembelajaran seorang guru di tuntut mempunyai kompetensi dalam pembelajarannya, sehingga dengan demikian maka guru tersebut akan mampu menjalankan fungsi dan peran mereka sebagai pendidik, pengajar, pelatih, serta pengayom bagi anak didiknya. Untuk dapat melaksanakan tugas profesionalnya dengan baik, calon guru harus memiliki empat standar kompetensi guru, yaitu: “kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.”[1]

06 October 2015

DAYAH DAN POTENSI PENDIDIKAN

BAB II
DAYAH DAN POTENSI PENDIDIKAN

A.    Sejarah Pendidikan Dayah di Indonesia
Dayah merupakan lembaga pendidikan yang berdasarkan keagamaan, dengan dasar dan tujuan yang sesuai dengan ajaran Islam. Pendidikan dayah berdasarkan pendidikan tauhid, yaitu keyakinan dan kepercayaan kepada Allah SWT yang merupakan sandaran umat manusia dan makhluk lainnya di alam ini, agar manusia senantiasa bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai lembaga pendidikan tradisional agama Islam yang tertua di Indonesia, yang mampu bertahan dan berkembang hingga saat ini. Banyak masyarakat yang merasakan adanya pendidikan pada Dayah bahkan jauh sebelum gerakan perjuangan nasional untuk kemerdekaan Indonesia.

06 September 2015

PENGAJARAN AGAMA DI SEKOLAH DASAR

BAB II
PENGAJARAN AGAMA DI SEKOLAH DASAR

A.    Dasar dan Tujuan Pendidikan Agama di Sekolah Dasar
Agama Islam adalah agama universal yang mengajarkan kepada umat manusia mengenai berbagai aspek kehidupan baik duniawi maupun ukhrawi. Salah satu di antara ajaran Islam tersebut adalah mewajibkan kepada umatnya untuk melaksanakn pendidikan karena menurut ajaran Islam pendidikan merupakan kebutuhan hidup manusia mutlak yang harus dipenuhi, demi tercapainya kesejahteraan dan kebahagian dunia dan akhirat. Dengan pendidikan ini pula manusia akan mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan untuk bekal dalam kehidupannya.
Fuad Ihsan menyebutkan bahwa pendidikan adalah "aktivitas dan usaha manusia untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi-potensi pribadinya, yaitu rohani (pikir, karsa, rasa, cipta dan budi nurani) dan jasmani (panca indera serta ketrampilan-ketrampilan)".[1]
            Dari pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan sarana utama menuju masyarakat bahagia dan sejahtera. Manusia merupakan makhluk yang dinamis, dan bercita-cita ingin meraih kehidupan yang sejahtera dan bahagia dalam arti luas, baik lahiriah maupun bathiniah, dunia dan akhirat.

02 September 2015

Ciri Khas Pengelolaan Kelas dalam Proses Belajar Mengajar

Ciri Khas Pengelolaan Kelas dalam Proses Belajar Mengajar  
Penggunaan pendekatan proses kelompok dalam pengelolaan kelas didasarkan atas prinsip-prinsip psikologi sosial dan dinamika kelompok merupakan salah satu ciri khas pengelolaan kelas guna melancarkan proses belajar mengajar Pendidikan Agama. Anggapan dasar yang dipakai ialah bahwa :

Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Proses Belajar Mengajar di Kelas

Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Proses Belajar Mengajar di Kelas
Pengelolaan kelas dalam bahasa lnggris diistilahkan sebagai "Classroom Management, itu berarti istilah pengelolaan identik dengan manajemen. Pengertian pengelolaan atau manajemen pada umumnya yaitu kegiatan-kegiatan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan, dan penilaian".[1]