03 June 2015

Pelajaran Agama di Sekolah Umum dan Ruang Lingkupnya



Pendidikan agama Islam merupakan usaha sadar atau terencana untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam melalui kegiatan bimbingan dan latihan. Pendidikan agama Islam pada hakikatnya merupakan sebuah proses, dalam perkembangannya juga dimaksudkan sebagai rumpun mata pelajaran  agama yang diajarkan disekolah maupun diperguruan tinggi

Strategi yang Digunakan Guru dalam Membina Akhlak



Strategi memegang peranan penting bagi pelaksanaan dan keberhasilan guru dalam membina akhlak. Sebab tanpa menggunakan stretegi belajar yang tepat,  maka tujuan pengajaran yang diharapkan sulit sekali tercapai sasaran yang di inginkan. Menurut Suryosubroto strategi adalah, "Keseluruhan metode yang menitik beratkan pada kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan tertentu"[1]

02 June 2015

Pengertian Guru dan Fungsinya


1.    Pengertian Guru
Guru menurut bahasa adalah “orang yang mengajar”.[1] Sedangkan pengertian guru menurut istilah adalah “pendidik dan pengajar pada pendidikan formal, pendidikan dasar dan menengah”.[2] Selanjutnya secara legal formal yang dimaksud dengan guru adalah “sesiapa yang memperoleh Surat Keputusan (SK), baik dari pemerintah maupun swasta untuk melaksanakan tugasnya, dan karena itu ia memiliki hak dan kewajiban untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dilembaga pendidikan sekolah”.[3]

Ruang Lingkup Pembelajaran Aqidah Akhlak



  • Ruang Lingkup Pembelajaran Aqidah Akhlak

Mata pelajaran aqidah akhlak di tingkat Tsanawiah berdasarkan kurikulum berbasis kompetensis bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujutkan dalam akhlaknya yang terpuji, "melalui pemberian dan pemupukan, pengetahuan, penghayatan, pengamalan peserta didik tentang aqidah dan akhlak Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dan meningkat kualitas keimanannya dan ketakwaannya kepada Allah SWT"[1]

Pengertian Strategi Pembelajaran



Pengertian strategi secara umum yaitu garis-garis ikhtisar haluan untuk bertindak dalam usaha pencapaian suatu tujuan yang telah ditetapkan.  Sedangkan strategi pembelajaran secara khusus yaitu pola-pola umum kegiatan guru dan murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk pencapaian sasaran atau tujuan. Menurut Suryosubroto strategi mengajar adalah, "keseluruhan metode yang menitik beratkan pada kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan tertentu"[1]