Pendidikan
agama Islam merupakan usaha sadar atau terencana untuk menyiapkan siswa dalam
meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam melalui
kegiatan bimbingan dan latihan. Pendidikan agama Islam pada hakikatnya
merupakan sebuah proses, dalam perkembangannya juga dimaksudkan sebagai rumpun
mata pelajaran agama yang diajarkan
disekolah maupun diperguruan tinggi
03 June 2015
Strategi yang Digunakan Guru dalam Membina Akhlak
Strategi
memegang peranan penting bagi pelaksanaan dan keberhasilan guru dalam membina
akhlak. Sebab tanpa menggunakan stretegi belajar yang tepat, maka tujuan pengajaran yang diharapkan sulit
sekali tercapai sasaran yang di inginkan. Menurut Suryosubroto
strategi adalah, "Keseluruhan metode yang menitik beratkan pada kegiatan
guru dan siswa dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan
tertentu"[1]
02 June 2015
Pengertian Guru dan Fungsinya
1.
Pengertian Guru
Guru menurut bahasa adalah
“orang yang mengajar”.[1]
Sedangkan pengertian guru menurut istilah adalah “pendidik dan pengajar pada
pendidikan formal, pendidikan dasar dan menengah”.[2]
Selanjutnya secara legal formal yang dimaksud dengan guru adalah “sesiapa yang
memperoleh Surat Keputusan (SK), baik dari pemerintah maupun swasta untuk
melaksanakan tugasnya, dan karena itu ia memiliki hak dan kewajiban untuk
melaksanakan kegiatan belajar mengajar dilembaga pendidikan sekolah”.[3]
Ruang Lingkup Pembelajaran Aqidah Akhlak
- Ruang Lingkup Pembelajaran Aqidah Akhlak
Mata pelajaran aqidah akhlak
di tingkat Tsanawiah berdasarkan kurikulum berbasis kompetensis bertujuan untuk
menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujutkan dalam
akhlaknya yang terpuji, "melalui pemberian dan pemupukan, pengetahuan,
penghayatan, pengamalan peserta didik tentang aqidah dan akhlak Islam, sehingga
menjadi manusia muslim yang terus berkembang dan meningkat kualitas keimanannya
dan ketakwaannya kepada Allah SWT"[1]
Pengertian Strategi Pembelajaran
Pengertian strategi secara umum yaitu garis-garis ikhtisar haluan untuk
bertindak dalam usaha pencapaian suatu tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan strategi pembelajaran secara khusus
yaitu pola-pola umum kegiatan guru dan murid dalam perwujudan kegiatan belajar
mengajar untuk pencapaian sasaran atau tujuan. Menurut Suryosubroto
strategi mengajar adalah, "keseluruhan metode yang menitik beratkan pada
kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan
tertentu"[1]
Subscribe to:
Posts (Atom)