11 June 2015

Ruang Lingkup Administrasi Sekolah

Ruang Lingkup Administrasi Sekolah
            Administrasi sekolah merupakan suatu alat atau bantuan agar usaha sekolah dapat berjalan dengan lancar dan tujuannya dapat tercapai dengan baik, maka dalam mencapai tujuan tersebut sangat diperlukan adanya sekolompok orang (dua orang atau lebih), dalam rangka kerja sama dengan mempergunakan alat-alat yang diperlukan agar semua kegiatan yang dikerjakan dapat terarah sehingga tujuan dapat dicapai dengan berhasil dan berdaya guna.

Dasar dan Tujuan Administrasi Sekolah

Dasar dan Tujuan Administrasi Sekolah
            Administrasi sekolah berdasarkan kepada landasan ideal dan landasan operasional. Landasan ideal adalah Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, sedangkan landasan operasional adalah prinsip-prinsip yang terkandung dalam kurikulum.
            Landasan ideal merupakan landasan yang bersifat ketergantungan kepada sistem pendidikan yang dianut oleh suatu negara. Bagi bangsa Indonesia yang menganut sistem pendidikan Pancasila, maka pelaksanaan administrasi sekolah didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, yaitu:

Pengertian Administrasi Sekolah

Pengertian Administrasi Sekolah 

            Administrasi sekolah adalah suatu rangkaian kerja sama kelompok orang atau karyawan yang tergabung dalam suatu organisasi sekolah dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang telah ditentukan sebelumnya dengan efektif dan efesien. Administrasi sekolah merupakan salah satu bidang dari administrasi pendidikan yang jauh lebih luas, administrasi sekolah ini hanya mencakup kegiatan pengelolaan dan pengaturan secara bersama-sama. Dalam kaitan ini,  M. Ngalim Purwanto mengatakan administrasi sekolah adalah:

09 June 2015

Kedudukan Perpustakaan Sekolah dalam Proses Pembelajaran


Kedudukan Perpustakaan Sekolah dalam Proses Pembelajaran
            Kegiatan pembelajaran perlu diciptakan sedemikian rupa sehingga memungkinkan peserta didik dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Kegiatan pembelajaran mestinya dirancang tidak hanya di ruang kelas saja, namun juga dapat dilakukan di luar kelas. Sebab kegiatan belajar yang hanya dilaksanakan di kelas boleh jadi hanya dapat mengoptimalkan potensi peserta didik tertentu dan tidak bagi peserta didik yang lain. Perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar di luar kelas, semakin sering siswa dibawa keperpustakaan semakin terbuka cakrawala berpikir siswa karena semakin banyak buku-buku yang dibaca. 

Upaya-Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah


Upaya-Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah
            Perpustakaan merupakan unit kerja dari suatu lembaga tertentu yang mengolah bahan pustaka baik berupa buku, majalah maupun bahan berupa non buku yang diatur secar sistematis menurut sistem tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber material oleh setiap pemakainya